Sedekahmu, Nyawamu


posted by Eline

No comments

Beberapa waktu yang lalu aku dan sang suami terjebak hujan ketika hendak pulang dari belanja. Ya sudahlah kami mampir ke KFC dan nyemilin tepung ayam goreng.
Mba2 KFC (MK) : Silahkan mau pesan apa?
aku (A) : ayam goreng mba
MK : krispi ato orijinal
A : Pokoknya yang banyak tepungnya mba, kl perlu tulang ayam goreng tepung juga boleh, kebetulan saya lagi diet. mba tau kan ayam goreng itu banyak lemaknya. makanya saya suka tepungnya aja. tepung mengandung karbohidrat. tau kan?
MK : ::

Ujannya lama banget dan tepung udah hampir abis, bahkan sekarang aku udah mulai mengkorek2 sumsum tulang. Pembicaraan yang tadinya seputar ide-ide bergulir ke soal sedekah. (Jauh amat). Kebetulan suamiku penikmat buku2 Ippho 'Right' Santosa, yang mana buku-bukunya beberapa ngebahas soal rejeki.

Dua buku-nya yang udah kelar dibaca sama suami adalah "Keajaiban Rejeki" dan "Percepatan Rejeki". Aku sendiri baru baca sekilas-sekilas. Dari situlah pembicaraan kita bermula. Kita ngebahas rejeki yang berasal dari sedekah. Alloh SWT udah janji bahwa sedekah yang kita keluarkan akan dibalas 2 sampe 15 apa 17 kali lipat gitu, aku rada lupa. Even misal kita ga ikhlas sekalipun. Inilah yang bikin obrolan kita panjang. Aku berargumen dan dia bantah, dia berargumen, aku ga bisa terima, sambil tetep nyemilin tepung ayam.:voodo:

Suamiku bilang (based on bukunya Ippho)
Suami (S) : Aku bukannya mau sombong ya, tapi ga usah khawatir ga ada duit, khawatir aja kl kita jauh dari "Yang Ngasih duit"
Aku (A) : iya sih, tapi semuanya musti di prepare kan
S : iya bener, tapi insyaAlloh dengan sedekah semuanya akan dimudahkan. mustinya kita malu, kita disuruh sedekah berapa? 2,5 persen. mustinya kita belajar dari orang china. knp mereka bisa kaya?
A : Ulet (bukan ulet bulu )
S : selain itu karena mereka bersedekah jauh lebih besar dari kita. inget kata2nya (menyebutkan salah satu bos besar yg pernah kita kenal). Dia sombong, terkesan ga peduliin karyawannya, tapi dia selalu sedekah 15 persen dari yang dia dapet.
A : tapi dia riya, kl nolong orang selalu masuk koran, di tulis di buku , dan bilang diulang2
S : Alloh itu udah janji akan membalas sedekah kita 2-15 (ato 17???) kali lipat lho. dan janji-Nya ga bakal maen2
A : meskipun ga dia ga ikhlas?
S : meskipun dia ga ikhlas! aku pernah nyoba. aku sedekah dan aku bilang aku pengen dapet balesan lebih besar. Dan itu benar. Tapi aku ga menyarankan lho ya, pastinya akan jauh lebih baik kl kita iklhas.

Pembicaraan kita masih banyak lagi, mbulet ga abis2 meskipun sumsum tulang ayam udah bersih.

Dan kemarin, maaf sebelumnya, aku ga bermaksud riya. aku hanya ingin bercerita bahwa Alloh SWT Maha keren.

Kemaren aku nemenin sang suami ngurusin beberapa hal yang berhubungan sama kerjaannya. Saat aku nunggu, aku liat bapak2 gendong anak, mungutin kertas bekas, dan bikin aku pengen nangis. Entahlah, semenjak beranak, jadi bawaannya pengen nangis kalo liat ada anak kecil yang tidak ditempat semestinya. Tengok kanan kiri, sepi. Keluarin sesuatu, gw berikan ke bapak itu. (Maaf sekali lagi, ini tidak bermaksud riya). Awalnya aku sangat ikhlas bahkan berpikiran telor yang baru aku beli ini mo aku kasihin,tapi berhubung blm bilang suami, ga jadi deh.

Dasar akunya emang, setelah selesai ngasih, aku malah masih kepikiran. Kok aku cuma ngasih segitu ya? Ini Jakarta, dapet apa ya dia segitu?
Coba tadi aku kasih lebih banyak, tar kan aku di bales lebih banyak, lumayan nih lagi butuh pengen beli kaen sama benang (Pikiran jail).
Ah ga papa, pasti tadi Alloh udah menentukan aku cuma kasih segitu, buat liat itu bapak masih bisa bersyukur ga dengan pemberian yang sedikit itu (Pikiran kurang jail)

Hari berganti, ok, kita liat apa ini berhasil? (Maafkan Ya Alloh, aku sama sekali ga bermaksud nagih janji buru-buru lho). Aku udah kebayang aja, sekian rupiah kali dua sama dengan sekian rupiah. kalo kali 15 (ato 17???) akan jadi sekian rupian. Wuiiiihhh lumayaaannn.:wink:

Dan tadi pagi, seperti baiasa, aku berangkat kantor di anter sang suami naek motor, sekalian dia pergi ketempat kliennya. Kantorku ga jauh dari rumah, cuma 2 kali belok dan 1 kali puter balik. Puter balik dilakukan di 2 jalan busway yang berlawanan arah (kebayang kan?). Seperti pada umumnya jika orang mau puter balik, pasti pelan2 dan ngerem motornya baru kemudian maju saat jalanan cukup kondusif. Motor kami pun berlaku demikian, pelan, ngerem, dan cakramnya lengket, roda sama sekali ga gerak, dan itu tepat di tengah jalan busway.

Motor ini bener2 ga bisa gerak kecuali diangkat. Ada orang lewat yang sama2 mau puter balik cuma komentar "cakramnya tu mas". just it. Buat ngangkat motor ke pinggir jalan jelas ga mungkin, aku sama suami gotongan juga ga bakal kuat, dan kebanyakan yang puter balik kala itu mobil, dimana orang akan males turun dari mobil dan memilih buruan ke kantor, keburu telat.

Yang bisa kami lakukan hanyalah menggeser motor di tengah2, bates antara dua jalan busway. Itupun moncong motor masih menjorok ke area jalan busway. 1 menit, 2 menit, 3 menit diakalin ga bisa2. Aku mulai panik, gimana kalo ada Transjakarta lewat? Suamiku masih mencoba menarik2 remnya, belom juga berhasil. Lalu apa hubungannya dengan sedekahku? apakah kalian pikir motor kami kelindes Transjakarta dan hancur berkeping-keping trus digantiin sama motor baru? tentu tidaakkk..

Ok, kita lanjut ya. Ga lama ada tukang permak jeans keliling yang pake sepeda, lewat. Dia brenti dan nanya, "kenapa mas?". Dijawab, "cakramnya nih pak." "Dikasih minyak aja, nih saya punya." Dan ya, it's work of course.

Setelah selesai berterimakasih dan berdadah-dadah (halah), aku dan suami kebali melanjutkan perjalanan ke kantor. Aku baru sadar, yah inilah balasan sedekahku itu, bukan uang yang berlipat-lipat, tapi nyawa kami. Bayangkan kalo dalam waktu 5 menit itu ada Transjakarta lewat? oke lah mungkin dia akan liat kita dari jauh dan ga bakal nabrak kita, tapi kebayang ga itu jalan macetnya bakal kaya apa? Dan berapa orang yang telat ngantor? Gimana kalo mereka ada miting penting? Atau gimana kalo mereka di potong gaji?

Sedekah yang sedikit itu, dibales sama beberapa tetes minyak rem dari si bapak tukang jait. Dan aku yakin dengan sangat, beberapa tetes minyak rem ini, akan dibales banyak banget sama Alloh SWT. Aku yakin itu.

..and after all, aku mau cuma mau bilang, ada rejeki orang lain yang dititipkan Alloh di hartamu. Saat kamu ambil beberapa bagian di hartamu dan kasih itu ke saudara kita, sebenernya kita cuma mengembalikan apa yang emang udah jadi haknya, dan kamu ga rugi apapun. Jadi, ga da alesan buat ga ikhlas kan?

So, kapan terakhir kali kamu membantu sesamamu? Selagi bisa.:siesie:

Leave a Reply

eh Lin, ceritamu itu...

Related Posts with Thumbnails