Dipilih..dipiliiih


posted by Eline on ,

No comments

Kata orang idup itu banyak pilihan. Bahkan mungkin, idup itu sendiri juga pilihan. Jangan tanya maksudnya apa, karena aku juga bingung, heheh.. Tapi kalo boleh sotoy, mungkin itu maksudnya kita sendiri yang memilih mau kaya apa idup yang pengen kita jalanin.

Lalu, pernah ga kita ngerasa kita udah salah pilih? Padahal mikirnya udah sampe nungging2 nih, eh tetep aja salah. Aku rasa hampir semua orang pernah ya ngerasain salah pilih. dari hal yang ringan, kaya salah pilih baju yang bikin saltum, sampe hal-hal yang besar, kaya salah pilih jurusan. Kan apes banget tuh kl mau wawancara kerja di jakarta, nyasar ke Meduro. gyehehe..

Emang banyak banget hal yang ada di sekitar kita. Dan itu bikin idup lebih seru sekaligus bikin pusing. Seru karena kita bisa nentuin apa yang kita mau, tapi pusing juga untuk menentukan mana yang kita butuh. 'Mau' dan 'Butuh', dua hal beda tapi suka salah diartikan. Contoh gampangnya, kita punya duit 2000 dan kita bawa ke warung. Disana ada banyak makanan, pengennya es buah yang kayanya manggil2, tapi sebenernya tadinya kita niatnya beli pensil buat ujian, dan dua2nya harganya 2000. So, mau ga mau kita harus milih mana yang mau di beli. Mungkin bisa aja sih kita beli dua-duanya. Es buahnya 1000, dan pensilnya juga cari yang seribuan aja, kan bisa dapet semua tuh. Keinginan terpenuhi, kebutuhan pun tidak diabaikan. Tapiiiii.. beli es dengan harga seribu akan dapet aer sirup sama es batu aja, buahnya ga ikutan. Sementara pensil seribuan juga ada tapi ga bisa ke-detect komputer. Ujung-ujungnya tetep kita harus milih salah satu atau mendapatkan keduanya dengan tingkat kepuasan yang rendah.

Nah, kalo udah gitu gimana? Buat orang2 yang ngerasa bener, pasti akan milih beli pensil, karena itu kan lebih penting, buat tujuan yang bener, demi masa depan. Tapi, gimana kalo setelah beli pensil, otak kamu ga bisa konsen belajar karena kebayang2 es buah, dan besoknya ujiannya bisa jeblok juga walopun udah pake pinsil bener.

Ah, kan es buah bisa dibeli besok lagi.

Yakin, besok masih pengen itu es buah? gimana kl besok ujan deres dan dingin? gimana kalo besok es buahnya ga ada buah kiwi dan stroberi? dan bukankah ujian yang nilainya jeblok gara2 mikirin es buah itu udah terlaksana. sayang kan kalo udah bela2in ga beli es buah, eh ujian tetep jeblok juga.

Ya elah, kalo tau ujian bakal jeblok juga ya aku beli es buah, udah jelas seger. Kan itu kalo kamu tauuuu.. sayangnya kita ga pernah tau kan apa yang akan terjadi nanti. Ga pernah tau juga apa yang Tuhan rencanain. Kenapa sih Tuhan ga ngasih bocoran aja biar pilihan kita bener dan ga sia2? emangnya ulangan pake bocoran, lagian ga seru juga kali kalo semuanya kita tau. Kalo kita tau ujian bakal jeblok juga, pasti si tukang pinsil ga akan dapet rejeki, karena alih2 membeli pensil, kita beli es buah bukan? Tukang pensil butuh duit 2000 itu, dan kita emang nasib aja punya otak cetek yang cuma gara2 es buah aja jadi susah konsen belajar, hihihi... (jadi inget, dulu adeku pernah ga bisa konsen mikirin ujian gara2 pengen beli sepeda. yeah it's true story)

Terus, sebenernya apa sih yang mau kamu omongin lin? kl cuma ngomongin rejeki si tukang pensil ma tukang es buah mah ga usah sok2an pake intro yang berat2. Lagian rejeki mereka kan Tuhan yang ngatur, ngapain kita yang sibuk mikir?

Nah, ntu dia, rejeki emang Tuhan yang atur. Termasuk juga jodoh, idup, mati, sampe bakal makan apa kita hari ini. Logikanya kalo udah diatur, ngapain kita masih repot2 mikir, ya ngga? seseorang yang mau nikah, memutuskan pake jasa WO juga karena ga mau repot2 lagi, biar WO yang atur semuanya, si empunya hajat tinggal duduk manis, senyum-senyum. Ummm... tunggu, aku rasa ga sesimpel itu. Bukankah walopun udah pake WO, tetep aja kita2 juga kan yang milih. Pertama kita musti milih dulu WO mana yang mau dipake, abis itu paket wedding mana yang mau kita ambil, makanan apa aja yang mau kita sajiin dan berapa orang yang musti diundang. Lagi-lagi kita tetep harus mikir dan milih.

Aku rasa Tuhan udah punya skenario dari masing-masing pilihan. Kl kita pilih A, maka kelanjutan ceritanya akan seperti ini, dan bila kita pilih B kelanjutannya akan seperti itu. Keduanya tetep punya cerita yang ga pernah kita tau kelanjutan atau endingnya. Mungkin seru, mungkin juga merana, tergantung apa yang kita pilih. Terus gimana kita bisa ngedapetin lanjutan cerita yang ok? Ya pastinya tinggal nanya ja sama yang bikin cerita. As simple as that? Yes!

Kalo di muslim ada solat istikharoh, solat yang dilakukan untuk membantu kita saat kita bingung atas suatu pilihan. Biasanya Tuhan akan kasih petunjuk, bisa lewat mimpi atau mungkin kemantepan hati, atau mungkin juga dengan hal-hal yang berkaitan. Masalahnya sekarang, gimana kalo ternyata kita salah mengartikan pertanda dari Tuhan itu? Gimana kalo setelah kita milih ternyata kita terlambat sadar bahwa pilihan kita salah?

Hmmm...sebenernya kl kita udah sholat istikharoh, maka dengan izin Alloh SWT kita akan diberi kemantapan hati dalam memilih. Jadi insyaAlloh pilihan kamu tepat walopun mungkin kamu ngerasa ada yang lebih baik. Tenang brader, Tuhan lebih pinter milihin buat kita apa yang terbaik dan apa yang kita butuhin, dan hey.. bukankah Tuhan satu-satunya yang tau cerita selanjutnya.

Terkadang aku juga merasa aku salah memilih, tapi aku tidak menyesal, karena apapun pilihanku, selalu ada cerita yang ga sia-sia. Cerita yang kadang bantuin kita buat memutuskan apa yang kita pilih di persimpangan selanjutnya. So guys, buat kalian yang udah terlanjur memilih dan merasa menyesal karena pilihan kalian malah bikin sedih dan ga bisa tidur, tenangkan diri dan pikiran. Biarin aja pilihan itu ada di tanganmu, ga usah di buang atau dituker, karena di tuker pun belom tentu hasilnya bagus. Pertahankan saja pilihan kalian, tapi berusahalah untuk memperbaiki. Seorang pelukis mahir pun kadang salah ngasih cat di kanvasnya, tapi dia selalu bisa memperbaiki dengan cat-cat warna lain atau penambahan object baru.

Akhirnya, aku cuma mau bilang, apapun yang udah kita pilih, semoga memang itu yang kita butuhin buat kedepannya...

see ya
bye

Leave a Reply

eh Lin, ceritamu itu...

Related Posts with Thumbnails