Kembali Fitri, Kembali Menulis


posted by Eline on

No comments

Betapa kangennya aku menulis, seperti kekangenanku sama rumah di banyumas bersama semua isinya.

Hari ini kantor ngasih kebijakan buat boleh pulang jam 15.00 bagi orang2 yang mau nyiapin lebaran. Yup, insyaAlloh 2 hari lagi kita lebaran 1431 H. Makanya aku yang kerjanya udah antara iya dan ngga, milih nulisin blog ini sambil nunggu bel pulang.

Ada banyak hal yang berbeda dengan Ramadhan taun ini. Aku udah bersuami, dan sedang hamil, dan insyaAlloh bisa ga hutang puasa (tinggal 1 hari lagi, Ya Alloh tolong dibantu.. tolong dibantu *_~) dan kemungkinan ga pulang kampung. Untuk pertama kalinya aku mungkin akan berlebaran di kampung orang dan ga ketemu sama bapak, ibu, rian, tria, kue nastar, castangle, kacang bawang made by ibuku, daaaaannn opor ayam. Tadi malem udah sempet telpon2an sama ibu, dan kue2 udah siap. Besok hari tinggal bikin opor sama ngerebus ketupat. Dan bapakku, masih tetep sama seperti lebaran2 sebelomnya, sibuk di jalan... huehehehe...

Sekilas tentang apa yang biasa keluargaku lakukan saat lebaran. Dulu, sebelom aku menikah, bisa dipastikan aku selalu lebaran bareng keluarga, bantuin bikin kue (nyetak2nya doang sih), bantuin masak (motong2 ati sapi), dan solat Eid di lapangan. Abis solat, itu si opor2 langsung di serbu, tapi ga lupa sebelomnya minta maap2an dulu pake sungkem2 a la jawa. Teruuuuuss... sebentar kemudian akan ada tamu2 yang bermunculan berbarengan sama speaker masjid yang berkoar- nyuruh kita ngumpul buat salam-salaman, maaf-maafan. Nah disini nih, udah deh, ga anak-anak ga emak-emak kliatan 'baru' dengan baju yang mereka pake. Ada yang kliatan jadi tambah cakep (karena biasanya kl lebaran orang2 pada pake jilbab dadakan), ada juga yang kliatan sedikit maksa karena jadi korban rayuan mba-mba di toko baju yang nawarin baju dan kerudung artis "bunda ini", 'sinetron itu', dan nama2 lainnya yang berbau-bau Arab.

Setelah pada ngumpul di mushola, mulailah kita ngerumpi, heheeh.. maap2annya ntar2an. Bisanya kan kl moment lebaran gini banyak yang pada pulang kampung, jadi pada sibuk deh cerita ini dan itu seputar kota tempat mereka merantau. Jadi yang ngasih sambutan di depan akan tercuekin dengan suksesnya oleh para grup rumpi ini. Setelah omong-omongan yang pastinya isinya minta maaf (yakin deh, walopun ga ngedengerin juga), kita berbondong-bondong baris kaya uler antri beras, buat saling salaman, cikipa-cipiki, dan senyum2 sambil minta maaf. Untungnya tiap RT punya mushola sendiri-sendiri jadi ni tangan sama bibir ga pegel karena cuma salaman sama orang-orang satu RT aja. Tapi bukan berarti kita ga maaf-maafan sama yang lain RT ya. Kita juga biasanya saling mendatangi rumah tetanga yang ga ketemu di Mushola, nyicip-nyicip kue-kue (bisanya kacang bawang jadi most-of-the-most makanan yang bakal ada di tiap rumah). Nah kalo ada kue yang lucu-lucu biasanya emak-emak itu akan saling tuker2an resepnya.

Setelah cape jalan2 ke tetangga, aku dan ibu, rian,tria akan segera ke rumah embah. oiya, lebaran kali ini ibunya bapak udah ga ikutan lagi bareng kita. Semoga dilapangkan jalan disana. amiin..
Kebetulan rumah embah ga jauh2 amat, paling sekitar 7 kilo dari rumah. Tradisi di tempat embah lain lagi nih. kata si Tria namanya tradisi sinetron serial. Soalnya kita apal bgt deh, kl sampe sana pasti kita akan dipeluk satu2, sambil nangis-nangis, itu episode 1. Nah abis itu mbah ketawa2 sambil yuruh kita nyicipin kue2nya, ini episode 2. Terus, episode 3 dan seterusnya selang seling antara nagis dan ketawa, soalnya ini acara maap-maapan, nangis kan pastinya, tapi kl lagi nangis si embah akan digodain sama cucu2nya, jadilah dia ketawa2 sambil nangis.

Dan taun ini aku ga akan menikmati itu semua...

Lebaran kali ini aku insyaAlloh akan bersama keluarga si masnya di Bandung. Menikmati dinginnya kota itu, dan katanya ada tekwan sebagai pengganti opor ayam ( but, i really want opor ayam). Perutku yang makin menggendut bikin aku ga sanggup kl musti lama-lamaan duduk di bisa atau kereta ke banyumas sana. Mudah-mudahan lebaran taun depan (semoga masih bisa ketemu) aku bisa lebaran di rumah lagi dan menikmati opor ayam buatan ibuku lagi...

So guys, Happy Eid-Al-Fitr, taqobbalallahu minna wa minkum....

Leave a Reply

eh Lin, ceritamu itu...

Related Posts with Thumbnails