Sayang, Kamu Mau Membunuhku?!


posted by Eline on ,

2 comments

Aaaaahhhh.. segarnya aroma akhir bulan, wangi makanan enak dan tidur nyenyak.. hohoho... Tapi kenyataan yang sedang terjadi padaku adalaaahh, dana memang lagi subur, tapi apa gunanya jika kartu ATM di bawa sang Mars. Udah seminggu dia di Djogjah dan aku hanya hidup seadanya...:ngurung diri:

Ga deng, aku masih bisa hidup layak dan berpesta pora makan mie. Sebenernya aku dilarang banyak-banyak makan mie, karena katanya ku kena maag. oke lah kalo beg..beg..begituh. Mie rebus adalah salah satu makanan pelarian yang sangat menyenangkan buatku, cocok nih kayanya jadi orang jepang, eh apa korea aja ya?? Cewe-cewe cantik-manja yang suka ada di majalah-di-kolong-tempat-tidur-para-pria itu cewe jepang apa Korea ya?.

Eniwey, karena aku ga boleh kebanyakan makan mie, akhirnya aku menyiasatinya dengan memakan masakan sendiri.

_elin bisa masak?_
Let's check it out :blink:

Hohoho, jangan remehkan aku kawan, biar cantik-cantik gini aku hobby di dapur

_wah cocok juga nih jadi pembantu gw_

hiyaaaa BLUETAAAAAKS..

Masakan aku tergolong enak, menurutku. hieheheeh... menu favorit buat sarapan (jikalau Sang Mars lagi ga ada) adalah kentang rebus. Bukannya sok sehat, malah aku menambah timbunan lemak, karena kentang-kentang itu (aku pake kentang kecil2 yang biasa buat semur) setelah aku rebus biasanya aku goreng lagi, dan aku lumuri orchid butter... Ueeenak sekali rasanya, tapi abis itu perutku jadi kaya setangkup roti burger. Biasanya aku makan ini sama sosis, atau telor, atau nugget, atau jagung rebus. Bukannya sok bule, cuma nyari praktisnya aja.

Baru weekend-lah biasanya aku masak yang rada beneran.. hehhheeh... Biasanya kekasihku itu minta masakan yang berkuah, misalnya oseng-oseng tempe kuah santan, soto ikan asin, sop buah jamblang, atau sayur bening jantung pisang.. hueheheheh...

Alkisah pada suatu hari jum'at malem. Sepulang dari kantor kami berdua menikmati makan malam di warung Echo. Warung yang didesain dengan nuansa jawa, mulai dari bale-bale kayu sampe ornamen batiknya, berada di samping Giant Rawamangun. Nah pas lagi makan, aku iseng nanya :

"Besok masak apa ya mas?"
"Sayur bening bayem aja," jawabnya singkat
"Ya udah aku ke Giant bentar."

Pergilah aku ke Giant buat beli bayem, mumpung makanan pesenan kami belom dateng. Pas sampe di Giant, aku langsung ke rak sayuran, liat bayem yang ada di rak bawah kok layu2 ya, Mataku mengedarkan pandangan ke rak-rak atasnya sapa tau ada yang bisa aku masak. Ternyata di rak paling atas ada label bertuliskan "bayem", waaaahhh masih ijo seger-seger nih pikirku. Aku ambillah 1 iket dan jagung manis. Kasir lagi sepi, jadi aku bisa segera bayar dan balik ke tempat makan.

Besokkannya, aku bangun pagi, mandi, dan bersiap memasak.

_busyet, abis mandi langsung masak? masih basah2 gitu dong lin?_

Sambil nonton tipi, aku metikkin bayem.

"Mas ini bayemnya kok kasar ya?", tanyaku ke masnya yang masih males-malesan.
"Belom di cuci kali," jawabnya ngasal.

Selesei metikkin bayem aku mulai meracik bumbu. Tapi...o'ow... bumbunya apa ya? Harap maklum yah.. hehhe...Mau nanya masnya, mana tau lah dia. Mau nanya tetangga, ah malu..Mau browsing di internet, mana sempet, masnya keburu pengsan. Akhirnya muncullah ide mutakhir, menelpon ibu.. *cling*

Trrrrrtttt....trrrrrttt...

"Halo", suara adeku yang paling kecil
"De, ibu ada?"
"Ada, nih sebentar"
"Halo, kenapa lin?"
"Bu ini aku mau masak sayur bening bumbunya apa ya?
"Oh gampang itu, bawang merah, bawang putih, kencur, gula, garem, udah"
"Hah, cuma itu doang?", simple amat pikirku.
"Iya, mau bayem sama apa?"
"Sama jagung doang bu"
"Cuma sama jagung doang? ya udah itu bumbunya dimasukin sama jagungnya, nanti baru bayemnya trakhir aja, bayem kan cepet mateng."
"Ini bawangnya berapa bu?", tanyaku sambil ngupasin bawang.
"Ya bawang merahnya 3 aja, bawang putihnya 1 kl gede. Kencurnya seruas jari aja, gula sama garemnya dikit dulu, gampang nanti kl kurang asin tinggal ditambahin. Di geprek aja bumbunya"

Aku mengikuti langkah-langkah yang disarankan ibuku

"Bu, ini kok daun bayemnya beda ya sama yang biasa ibu masak itu?" gini-gini aku anak berbakti yang suka bantuin ibuku masak tapi sayang ga pernah inget resepnya.
"Emang beda gimana? beli dimana?"
"Batangnya sih sama tapi daunnya agak kasar, pinggirnya kaya bergerigi. Tadi malem aku belinya di Giant, di raknya sih tulisannya bayem."
"Sih bayem apa ya lin? bayem di kota kayanya emang beda-beda kali lin."
"Hmm.. gitu ya. Ya udah nih aku udah ngrebus jagungnya. Nanti tinggal masukin bayem kan bu?"
"Iya. Nanti dicicipin dulu kurang apa, baru ditambahin."

Masakan yang belom jadi itu udah bolak balik aku cicipin, tapi yang berasa cuma panas doang. Setelah agak lama dan dirasa jagungnya ampir mateng, baru bayemnya aku masukin. Satu menit...dua menit...lima menit berlalu, tapi tu bayem masih belom juga membari tanda-tanda kelayuan. Karena mencurigakan, aku telpon lagi lah ibuku,:apaya:

"Bu, ini kok bayemnya ga mateng-mateng ya?"
"Ya tungguin aja nanti juga mateng, emang bayem di kota susah mateng kali lin."
Lagi-lagi ibuku menggunakan dalih 'bayem kota'. Aku tungguin juga tuh bayem sambil ngegosip sama ibuku. Ga lama, karena dirasa udah pada tenggelam tuh bayem, aku cicipin lagi aernya, hhhmmm.. not bad lah. Aku matikan kompor dan aku akhiri pembicaraan. Setelah itu aku tinggal goreng tempe. Kl ini mah gancil, tinggal beli tempe ma tukang sayur, trus beli tepung bumbu di warung depan. Iris-iris, celup-celup, goreng. TARAAAAAAA....Tempe goreng spektakuler buatanku siap tersedia mendampingi sayur bening bayem.

Aku bawa segala jenis makanan itu pake nampan.

_segala jenis apaan, orang cuma sayur bening ma tempe goreng doang_

Sang Mars yang lagi asik nonton FTV sabtu pagi, berpaling demi mencium aroma tempe goreng. Ya kami berdua pencinta tempe goreng. Dan acara sarapan pagi yang agak kesiangan itupun di mulai.

Cicipi sayur bening bayam. Lalu,

"Mas, bayemnya enak ga?" tanyaku
"Enak-enak aja, makasih ya udah dimasakin." Perkataan yang menyejukan hati tapi penuh hawa-hawa penggombalan.
"Kok rasanya aneh ya?" kataku ga yakin.
"Ah enggak kok," kata dia sambil tetep makan
"Ah iya ah, rasanya agak sengir-sengir* gini."
"Mmmmm.. mungkin kurang lama aja kali masaknya," katanya berusaha biasa aja, tapi mulai makanin nasi pake tempe aja."ini daun bayem kan?" tanyanya akhirnya mulai curiga
"Tulisannya sih gitu mas," jawabku setengah ga yakin, "bentar."

Aku merogoh-rogoh lagi kantong celana jeansku yang aku pake malem sebelomnya. Di dalemnya ada uang sisa belanja yang kelipet-lipet ga rapih. Dan diantara lipetan uang itu ada bon belanjaanku semalem.

O'OOOOOWWWWW...

Sambil senyum rasa bersalah, aku bilang ke masnya, "mas daunnya ga usah dimakan deh, jagungnya aja"
"Loh kenapa? daun apaan ini?":scream:
"He..he..itu ternyata daun poh-pohan.. maap yak":ngurung diri:
"Heh?!! dan pohpohan? kamu mau ngeracunin aku?" masnya mulai kalap:dead:
"Enggaaakk, itu ga baracun kok, cuma itu sebenernya buat lalapan, kl makan kebanyakan paling mabok doang":rain:

Dan suamiku itupun ber-hhmmmm.. dengan tampang maklum. Untung masih ada tempe goreng yang menyelamatkan menu sarapanku pagi itu...


Yah beginilah, terkadang ibu yang bisa segalanya membuat anak tidak bisa ngapa-ngapain.

huffftt.. tenang suamiku, besok aku belajar masak lagi, okey.


* Sengir-sengir itu kaya rasa kemangi, atau daun mint. Tau kan? kl ga tau, cicipin aja nasi kasih minyak kayu putih.. heheh

2 comments

Leave a Reply

eh Lin, ceritamu itu...

Related Posts with Thumbnails