Why Lie? Hard to be honest?


posted by Eline on

No comments

Hi there…
Gw mau menuhi janji gw buat ngepost cerita yang gw anggap menarik, antara gw ma salah satu sahabat gw, si G (bukan si Ganteng atau si Gagah). Sebenernya yang bikin menarik karena, ga ada kegiatan lain yang gw kerjain yang lebih menarik lagi selain smsan kala gw tepar minggu lalu.heheh..

Buat yang udah pernah baca cyclophobia.blog.friendster.com mungkin udah pernah nemu namanya disana. Tapi ga masalah kl gw musti ngenalin dia lagi, walopun gw agak sedikit rugi karena dia ga bayar duit promosi.

Gw punya banyak sekali temen yang ngelengkapin puzzle kehidupan gw. Beberapa diantaranya ada yang tempatnya lebih deket ke tengah, gw biasa menyebutnya sahabat. Sejauh ini gw bisa bercerita banyak hal (walopun tak semua) sama sahabat2 gw. Dan diantara beberapa sahabat gw ada 3 orang cowo yang enak gw ajak share (si abang ga masuk, b’coz nothing compares him. :p), dan diantara 3 itulah G ini jadi salah satunya.

- Ya elah lin, ribet amat ngejelasinnya, tinggal bilang aja G adalah sahabat lo, beres, cepet, praktis kan?

+ udah deh diem aja lo, ga usah nambah2 panjang lagi tulisan gw, lagian ini blog2 gw terserah gw dong mau nulis apa n gimana (sewot mode on)

Jadi kemaren pas gw sakit gw sms beberapa orang yang bisa gw gangguin. Selese sms an ma oja n ambisi terselubungnya, gw gantian smsan ma si G ini. Dia partner in crime gw sejak jaman gw kuliah. Sekarang ada di Kalimantan ngumpulin 8 digitnya ituh. Hahah.. gw seneng ngobrol sama dia saat gw pengen tau sesuatu hal yang ga diliat dari sudut pandang cewe aja. Nah untungnya si G ini cukup fair kl ngasih masukan, krena dia tinggal asal ngomong aja apa yang dia tau tanpa perlu khawatir gw bakal marah ato ga enak ati.

Dan sore itu gw ma dia ngebahas tentang why ,sometime, someone lie to his/her couple? Pembahasan ini berawal dari cerita2 yang gw dapet di lingkungan kantor gw (dan curhatan temen sd gw). Beberapa yang kebanyakan cowo dan diantaranya udah pada nikah, kadang ngomong ke teman yang lain kl dia tekadang musti bohong ke istri ato pacarnya demi menghindari omelan sesaat. Seperti obrolan berikut,

+ baru beli tuh pak pancingannya?
- iya saya baru beli tadi.
+ perasaan kemaren juga baru beli yang kaya gitu
- yang kemaren patah makanya saya beli lagi, sekalian 2 buat cadangan, kl istri saya tau, bisa marah ni. Hehehe..
+ lah nanti kl di bawa pulang juga ketauan
-engga kok, nanti ni mau saya titipin di tempat ade saya, besok minggu mau mancing bareng. Saya heran, perempuan kok mulutnya suka comel ya, bukannya bersukur saya ngabisin duin buat beli pancingan ikan, bukan mancing cewe2. Heheh

…dan sang teman yang sama2 cowo tapi belom nikah (dan mungkin akan mulai mikir lagi mau nikah sama cewe atau sedikit sadar kl cowo yang kerja di resto jepang itu lumayan lucu juga), cuma ketawa setengah mendukung setengah bingung.

Lain lagi sama cerita ini

= gila nyari lagunya chrisye susah amat ya, di internet ga ada sama sekali.
*cari di KTC aja, sapa tau ada MP3nya disana.
= gw barusan kesana, ga ada juga.
*tadi ga sekalian ke mall aja, sapa tau kl original ada
= ga ah, tar gw bisa diambekin bini gw lagi. Bulan ini gw udah beli dvd banyak. Itu juga gw alesannya reimburse kantor. Lama2 bini gw bisa curiga juga, masa kantor mau ngasih2 dvd terus2an.

Di cerita pertama, orang itu dikisahkan tetep beli hal yang jadi hobinya walo tau istrinya bakal mencak2 kl tau, malah nambah2in ngomentarin istrinya. Di cerita ke dua si pelaku agak cari aman, karena udah bingung cari alesan buat ngebohong lg.
Intinya tetep sama mereka berbohong. Alesannya rata2 karena ga mau ribut. Tapi bener ga sih cara itu efektif?

Gw tanyain soal itu ke G.

Pendapat G :
Ah ga cuman cowo kok lin, cewe juga suka gitu. Kadang dia belaja baju, harganya 3 juta, dia bilang ke suaminya kl baju merk Zara itu lagi ada diskon 50+20, ditambah cuci gudang ditambah dia punya voucher, jadi harganya cuma 100 rebu. Tapi kl cewe biasanya lama2 ngaku dengan tersipu2 seolah2 cowonya ga setuju. Padahal sih kl mau jujur aja juga ga bakalan di omelin kok. Masalahnya cewe gw juga suka gitu lin. Ni gw baca di internet rata2 cewe kaya gitu.

Kok malah jadi ngebalikin ya ?

Pendapat gw:
Iya sih kadang cewe juga suka gitu. Cewe gampang jujur setelahnya karena mungkin berpikiran bahwa cowo jarang ada yang langsung mencak2 marah, walopun dalem atinya dongkol juga kali (gila ya gw kerja lembur 5 hari cuma lo abisin sejam buat beli baju bolong2 gini. Perasaan daster noban yang gw beliin taun lalu jg bentuknya udah sama nih kaya gini). Sementara cowo tetep berpikir cari aman dengan males jujur, dari pada pulang kerja cape2 langsung dapet semprot istrinya dan terancam “puasa” seminggu.

Lalu gimana kl kebohongan itu tiba2 terungkap di kemudian hari? Bukannya murkanya bisa tambah ganas tuh?
Gimana kl ngikutin saran gw?

Skenario gw:
Pria pemancing
bilang ke istrinya gini,
“cintah, tadi tuh temen dikantor ada yang keracunan lho.”
“oh ya kenapa tuh ranggah?km harti2 loh kl makan”
“kan aku selalu makan masakanmu cintah, enak deh. Itu temenku keracunan pas makan ikan, katanya udah ga seger lagi gitu trus dikasih pewarna, dia keracunan sampe keringetnya bau ikan juga lo”
“ih bahaya banget ya, aduh besok2 ga usah beli ikan lagi”
“lho jangan gitu cintah, ikan itu banyak gizinya, asal yang masih seger. Nah aku puny aide, gimana kl liburan besok aku aja mancing sendiri ikannya. Aman, dan masih segar, trus nanti km bikin masakan yang paling enak”
“ah km bisa aja ranggah, sayah jadi pengen malu. Ya udah besok km mancing, sekarang saya mau beli bumbunya dulu ya”
beberapa menit kemudian..
“bumbunya ada semua cintah?”
“iya nih lengkap, besok pasti masakanku istimewa”
“iya dong. Kl gitu aku bernagkat dulu ya”
“lho katanya mancingnya besok?”
“iya mancingnya besok, makanya aku berangkat beli pancingnya sekarang, pancing yang kemaren patah, aku mau beli 2 sekalian ya, biar tangkepannya banyak. Oke cinta? Jangan sampe ya bumbu dan resep istimewamu gagal aku cicipi, tar bisa ga konsen aku kerja hari senennnya, ngidam masakan kamu”
Ada ide penolakan dari cintah?

Pria penggila dvd
“HUNNYYY..apa yang lakukan? Apa kau sudah gila, beli dvd sigini banyak, original pula? Kita makan aja masih minta orang tua”
“ssst.. bunny, tenang dong, sini makan es krim sama2”
“apa beli es krim juga? Hagen dash? Kamuh dapet subsidi dari mana?”
“ini es krim karena bos ultah tapi alergi makanya kita dapet 2 gentong gini. Tenang aja yang ini gratis”
“oh, gratis ya, mau deh kalo gitu. Eh..eh..eh, tapi jangan harap aku bisa maapin dipidi2 terkutuk tadi ya”
“lho itu bukan dipidi terkutuk bunny,justru dengan beli original kita ituh stop piracy, sapa tau lain kali logo stop piracy bisa diganti pake poto kita. Kita kasih poto yang pas..”
“aaahh..alasan, abis berapa ini?”
“1,6 hunny”
“APHA?!!!!”
“hunny denger, uang segitu ga ada bandingnya dengan sensasi yang aku dapet saat nonton film ini. Film n musik ini mengingatkanku pada kali pertama aku jatuh cinta padamu?”
“film perang? Dan lagu elvis? Emang kita ketemu pas jaman perang? Oh jadi kamu anggap aku udah setua itu?”
“eh..aduh. salah bukan gitu hunny, maksudku gini. Dulu aku tuh waktu mau ngelamar kamu tuh aku inget perjuangannya. Ya kaya di perang ini. Km tau kan kl km cantik, banyak banget pria2 yang naksir sma kamu. Wah itu perjugan menyingkirkan mereka berat banget tuh. Waktu itu ya…”

…dan ceritakanlah versi romantisnya (missal waktu jari anda lecet kena duri bunga nyolong di kebon tetangga, bilang aja tangan anda kena sabetan piso, untung bisa ngindar, waktu ada cowo saingan yang mau ngerebut bungan untuk istri anda, dan anda berhasil mempertahankannya. Eh ini boong juga ding ya) hingga ia lupa atau memaafkan kesalahan fatal anda.

Kl kejadiannya kaya sekenario gw, mungkin akan agak enakkan, walau kesalahan sedikit bisa fatal akibatnya. Heheh. Namanya juga scenario ngaco. Sorry kl dua contoh diatas gw pake cowo/suami sebagai pelaku utamanya. Karena kebetulan lingkungan gw banyakan cowo jadi kasus2 yang gw denger ya dari mulut mereka sendiri. Hal2 kaya gitu bisa dikatakan masih hal kecil dan wajar, tapi gimana kl terus2an atau tingkat kebohongan yang parah.

Misalnya gw mengambil contoh dari beberapa temen cowo gw sendiri. Bukannya berprasangka buruk ma cowo ya (beberapa orang yang gw sayang adalah cowo kan), tapi kebetulan gw jarang nemu kasus ini terjadi ma cewe. Ada sih, TAPI JARANG.

Beberapa orang yang saat dia udah punya pacar dia tetep punya banyak gebetan. Otomatis mau ga mau terkadang dia musti bohong ke cewenya soal “sms dari siapa?” “senyum2 kenapa?” “email ini maksudnya apa” dan lain2nya. Trus gw tanya hal ini ke G.

“Kenapa cowo tsb musti bohong, G? Kl dia udah punya pacar kenapa masih suka flirting, padahal katanya udah cocok ni ma yang sekarang?”

G pun menjawab
“ya mungkin itu udah sifat dasar cowo kali ya lin, suka berpetualang. Dan memang cewe adalah makhluk yang indah kan?”

okey…lalu gw tanya lagi

“iya sih gw pernah denger kl cowo ga flirting2 itu namanya bukan cowo. Tapi kan tetep aja kasian pasangannya G. Kl dia emang sayang ma pasangannya, kenapa tak sudahi saja flirtingnya. Kl dia suka sma gebetannya, kenapa ga di putusin aja cewenya, toh dengan begitu dia ga perlu bohong, walopun mungkin nyakitin”

“ya ga semudah itu lin. Kenapa cewenya ga di putusin aja? Itu berarti sebenernya cowo tersebut sadar ga sadar masih mengakui kl cewe itu yang terbaik buat dia, so dia ga mau kehilangan.”

“berarti egois dong G? Tapi kalo cewenya sama2 suka ngeggebet sih ok2 aja kali ya. Heehe. Gw rasa cowo model gini juga berpotensi buat sombong G, soalnya dengan dia berani flirt sana sini, berarti dia nyadar bahwa ada sesuatu dalam dirinya yang bisa di banggain ato di pamerin, entah pinter, tampang, harta ato tenar. Dan sayangnya beberapa kasus yang gw temui ato lebih sering nemu di tipi, kadang cowo tuh kl udah keterlaluan dan akhirnya ketauan sama cewenya, dia akan tetep berusaha menutupi kebohongannya dengan kebohongan lainnya. Atau kl udah ga bisa di sangkkal lagi, dia akan marah atau berusaha memutar balikkan fakta, seolah2 biar cewe itu jadi merasa bersalah udah bikin dia terpojok. Kenapa tuh bisa gituh?”

“yup, bener banget tuh kata lo… kayanya gw juga gitu de.. hehehe.. ga tau deh kenapa bisa gitu. Kl menurut gw sih ujung2nya bakal nyampe ke istilah “b’coz man from mars and women from venus”, alias emang udah dari sononya gituh”

Jawaban si G kali ini pasrah banget. Males gw nerusin nanyanya. Dan kesimpulannya juga mentok, emang udah dari sononya gituh. Ya elah…
kl gw sih prefer ke sekenario ngaco gw, bahwa kejujuran lebih baik dari pada niat ngindarin amarah sesaat dengan kebohongan yang hanya bisa ditutupi dengan kebohongan lain. Ini bisa jadi gunung yang siap meledak kapan pun bukan?

Kawan, tulisan ini emang suka2nya gw aja. Dan gw juga ga ngeriset ke banyak orang soal ini. Kl lo ga setuju, ya hak lo, lo berhak punya pendapat sendiri. Kadang ada orang juga punya alesan baik buat bohong, atao kita biasa denger white lie (gw ma ika masih sangsi nih soal ini). Yang pasti, gw salut dengan orang2 yang berani jujur. Sahabat2 gw juga pernah nyakitin gw, tapi mereka mau jujur bilang kl itu emang perbuatannya dan kasih alesan kenapa dia bisa kaya gitu. Gw juga pernah bohong, dan ngunggkapin kejujurannya bikin otak ma perut gw berasa tukeran tempat.

Killav - Slank.

Maafkan aku telah menyakitimu
Aku tak bermaksud untuk mengkhianatimu
Maafkan aku sudah melukaimu
Aku tak berniat untuk meninggalkanmu

Reff:
Aku hanya tak mampu bicara jujur padamu
Aku hanya tak mampu berkata benar

Maafkan aku bila menduakanmu
Tapi aku tak mencintai dia
Maafkan aku kalau sulut marahmu
Aku tak sengaja untuk lakukan itu

Maafkan aku jika bakar hatimu
Aku tak terfikir untuk nyalakan apimu
Aku hanya tak mampu bicara jujur padamu
Aku hanya tak mampu berbuat benar

Maafkan aku bila menduakanmu
Tapi ku tak serius dengan dia 2x
Tapi aku tak mencintai dia 2x

Katanya jujur emang susah, tapi bukan berati ga mungkin kan? Be gentle, folks!!

Leave a Reply

eh Lin, ceritamu itu...

Related Posts with Thumbnails